Eclipse/Neo Forum

The Frontier of Indonesia's Youth.
 
HomePortalFAQSearchRegisterMemberlistUsergroupsLog in

Share | 
 

 Anak dan pendidikan...

View previous topic View next topic Go down 
AuthorMessage
Mirage_01
Citizen of Lunar
Citizen of Lunar


Number of posts : 222
Location : unknown
Registration date : 2007-12-12

PostSubject: Anak dan pendidikan...   Sun Aug 24, 2008 10:26 am

Okay saudara2..ini merupakan thread saya mungkin entah udah ada atau belon..saya ingin bercerita dan berpendapat mengenai hal ini....


Pada suatu ketika, saya menginjak kelas 6 sd...tanpa disadari banyak hal2 yang dilalui oleh saya sendiri ketika saat saya belajar....
Suatu hari, saya ada ulangan menghafal mengenai IPS mengenai sejarah perjuangan pahlawan indonesia....dalam menghafal, saya tidak diijinkan menjawab jika jawabannya terlalu "keliwat jauh" dan juga tidak ada sangkut pautnya dengan jawaban yang ada dibuku. Saya protes kepada guru saya bahwa jawaban gw itu aalah jawaban dimana menjawab alasan dan tujuan mereka berjuang....dengan sangat terpaksa, saya diomeli dan ditegur oleh guru saya dengan alasan jawaban saya tidak menjawab pertanyaan yang ada dibuku.(terima kasih bu.....sekalian bikin robot pendidikan yang banyak yah! Kreatifitas anak tekan saja...kalo bisa tindes aja.....)

Belon selesai dengan itu, bagi saya banyak mata pelajaran yang tidak ada pentingnya bagi para siswa yang akan menggapai cita2 mereka. Ini seolah-olah, mereka merupakan robot pendidikan yang tidak tahu kemana akan berjalan menuju masa depan...sangat sedih sekali bagi gw...mata pelajaran yang terpakai itu hanya 2-4 mata pelajaran untuk melanjutkan cita2 yang diharapkan oleh saya....

Ujian negarapun diselenggarakan begitu hebatnya, tidak mengubah masa depan mereka...justru menambah kepurukan yang terjadi disaat ini..kekreatifisan anak ditekan begitu hebatnya sehingga tidak membuahkan calon2 intelek yang berwawasan luas dan berlogika....

Sistem pendidikan yang gagal, pemenuhan hasrat egoisme kalangan orangtua membutakan arti pendidikan itu sebenerya..yang ada anak menjadi korban pendidikan...

Sebenernya.....sekolah itu apa? Pendidikan itu apa? apakah tempat menjadikan seorang manusia menjadi robot yang tidak tahu arah kemana dia tuju?

Silakan anda berpendapat mengenai hal ini.....
Back to top Go down
View user profile
Nagi Springfield
Moderator
Moderator


Number of posts : 6759
Age : 25
Location : --?--
Registration date : 2007-11-12

Arcana Data
Name :: Ray Reinhart
HP ::
100/101  (100/101)
Power Up:

PostSubject: Re: Anak dan pendidikan...   Mon Aug 25, 2008 11:21 pm

sekolah sendiri itu dari awal mengekang kreatifitas kita....

bayangkan ketika TK kita diajarin ngegambar... (ini biasanya mayoritas..) yang diajarin pasti gambar pemandangan... yaitu gunung...
sangat klasik... 2 gunung... ada matahari, sawah, gubuk, dll yang kalo diliat kebanyakan gambar sama....
dan pas masuk SD juga sepertinya juga sama aja gambarnya..

untuk soal buku.... terlalu textbook itu ngga baik... sama aja mengekang pikiran...

pendidikan di Indonesia itu blom terbenahi dengan baik dan benar...

jadi inget kata2 guru sosiologi...
"ketika seorang anak ditanya... 2+2=? si anak bakal jawab 4.... tapi kalo kita bilang 5-1=4.. si anak bilang salah... karena yang diajarin di sekolah itu 2+2=4.."

terlalu kaku...

_________________




Memento Mori
Back to top Go down
View user profile http://neo-eclipse.forumotion.com
Mirage_01
Citizen of Lunar
Citizen of Lunar


Number of posts : 222
Location : unknown
Registration date : 2007-12-12

PostSubject: Re: Anak dan pendidikan...   Wed Aug 27, 2008 6:54 pm

Nagi Springfield wrote:
sekolah sendiri itu dari awal mengekang kreatifitas kita....

bayangkan ketika TK kita diajarin ngegambar... (ini biasanya mayoritas..) yang diajarin pasti gambar pemandangan... yaitu gunung...
sangat klasik... 2 gunung... ada matahari, sawah, gubuk, dll yang kalo diliat kebanyakan gambar sama....
dan pas masuk SD juga sepertinya juga sama aja gambarnya..

untuk soal buku.... terlalu textbook itu ngga baik... sama aja mengekang pikiran...

pendidikan di Indonesia itu blom terbenahi dengan baik dan benar...

jadi inget kata2 guru sosiologi...
"ketika seorang anak ditanya... 2+2=? si anak bakal jawab 4.... tapi kalo kita bilang 5-1=4.. si anak bilang salah... karena yang diajarin di sekolah itu 2+2=4.."

terlalu kaku...

KEsalahan pada pengajaran juga berdampak negatif kepada siswa/siswi...

Gw mungkin punya contoh yang mungkin bisa jadi inspirasi kepada anda semua yang melihat ini thread:

Dulu gw ngambil mata kuliah leadership itu pas 2008 gw bulan sekitar juni-juli....gw ada tugas untuk membahas pendidikan yang ada di indonesia saat ini...gw ambil sample2 dan menseleksi apa yang terjadi dalam dunia pendidikan di indonesia...
Ternyata cukup mengagetkan untuk diceritakan bahwa, sebagian besar penduduk di indonesia tidak menghasilkan SDM yang baik akibat keterpurukan sistem pendidikan...
Pendidikan yang mahal hingga menghasilkan suatu konsep egoisme akan ijazah beserta nilai2 yang memuaskan juga uang....menyebabkan orangtua siswa/siswi melupakan tujuan yang hendak dicapai oleh anak mereka sendiri.
Setelah data semua terkumpul....dosen gw cukup kaget saat gw presentasi.

Dosen:" Kamu ngomong apa ini? Bukankah pendidikan indonesia gagal akibat ketidaksadaran siswa untuk mengembangkan kreatifitas? Lagipula, bagaimana dengan siswa atau mahasiswa yang semena-mena terhadap pengajar?"

Mirage:" Oleh sebab itu pak....mereka merasa tertekan akibat sistem pendidikan yang nga jelas. Sudah menjadi kewajiban kita untuk menyadarkan akan pentingnya pendidikan dan cita2. Coba bapak pikir, guru yang ada di sekolah jaman sekarang tidak melihat sikon yang ada. Mereka terlalu cuek...makanya ada prinsip yang penting gw digaji...lu mao lulus ato nga...bukan urusan gw....inilah pak egoisme manusia yang menyebabkan kebobrokan pendidikan. Ketidaktegasan peraturan skolah juga peraturan pendidikan menyebabkan siswa tidak sadar. Tetapi, berdasarkan apa yang saya lihat, masih banyak anak di seluruh negeri ini ingin sekolah....anak2 terpencil saja jiwa untuk sekolah dan menggapai cita2 sangat besar daripada kalangan yang berduit besar. Dan seharusnya, bapak musti "melawan arus pendidikan yang rusak" "
Back to top Go down
View user profile
Freedom
Moderator
Moderator


Number of posts : 2342
Age : 25
Location : Somewhere in the dark place
Registration date : 2007-11-11

Arcana Data
Name :: Defner Fillius
HP ::
100/100  (100/100)
Power Up:

PostSubject: Re: Anak dan pendidikan...   Sat Sep 13, 2008 10:14 pm

Yup, sekarang pendidikan udah menjadi lahan bisnis
Gimana mau memajukan anak bangsa kalo pendidikannya seperti itu :yare:
Kesannya seperti ini:
"Kalo punya duit, sekolah yg tinggi, kalo gak punya duit gak usah sekolah aja"
Trus masalah sistem pendidikan juga begitu......
OKlah, kalo anak-anak perkotaan diberikan inilah itulah.
Gimana dgn anak-anak sekolah di kampung-kampung sana?
Jangankan fasilitas, bangunan sekolah mereka aja udah rusak parah.
Pemerintah cuma memikirkan nasib pendidikan di daerah2 tertentu
Sedangkan daerah terpencil diabaikan

Yah, beginilah nasib negara berkembang.
Cuma pengen ngikutin negara maju tetapi gak melihat situasi saat ini

*no offense

_________________
Back to top Go down
View user profile
Sponsored content




PostSubject: Re: Anak dan pendidikan...   Today at 11:09 am

Back to top Go down
 
Anak dan pendidikan...
View previous topic View next topic Back to top 
Page 1 of 1
 Similar topics
-
» Anzo-sama GFX Shop!
» Meet Pragya and Bulbul : Kumkum Bhagya sisters
» Jodha Akbar---Written Update--18th September 2013

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
Eclipse/Neo Forum :: Forum Activities :: Free Talk-
Jump to: